iklan

Sombong?



Ketika gue melihat semut, betapa kecilnya dia dengan segala keterbataasannya. Begitu melihat diri sendiri, betapa kecilnya ketika membayangakan orang yang berada di pesawat terbang melihat orang-orang yang berada di bawah. Ngeliat yang pacaran nggak keliatan, apalagi ngeliat jomlo yang sendirian.

Sampai akhirnya di luar angkasa ada seorang astronot melihat ke permukaan bumi, pesawat mungkin nggak bisa dilihat lagi, walaupun ada samar-samar dikit. Itu juga masih kemungkinan tidak terlihat. Apalagi orang-orang yang berada di daratan. Nggak keliahatan sama sekali. Sama kayak kuman yang menempel di badan kita. Invisible..


Bumi yang begitu besar ternyata ada yang lebih besar lagi. Planet terbesar adalah Jupiter. Bukan bumi. Sama saturnus ajah Bumi udah kalah kemana-mana. Kemudian Jupiter juga kalah kalau dibandingin sama matahari. Matahari? Ada bintang yang lebih besar dibandingkan matahari begitu juga dengan panasnya. Bahkan di galaksi lain mungkin ada yang jutaan kali lebih-lebih besar dari tata surya yang kita ketahui.




Kesimpulanya?

Ketika seseorang sombong. Berarti dia merasa dirinya ‘paling’. Paling pintar, paling hebat, baling benar, dan paling ayam.. eh itu maling. Pokoknya ngerasa dia itu udah hebat, nggak ada yang bisa ngalahin. Ya sombong lah pokoknya mah.

Mungkin dia butuh merenung akan keberadaannya di muka bumi yang kecil bagaikan semut. Ketika dilihat dari satelit nggak keliatan. Bahkan tidak terlihat sama sekali. Apalagi dilihat dari planet Jupiter. Udah hilang.

Kita pintar pastilah ada yang lebih pintar lagi. Ketika kita terkenal pastilah ada yang lebih terkenal lagi, bahkan ada yang terkenal tapi nggak sombong. Biasa ajah gitu.
Mungkin kalau planet Jupiter bisa ngomong, dia bakal bilang..

“ahh blagu lo punya prestasi segitu ajah, punya harta segitu ajah, punya ketenaran segitu ajah, pinter segitu ajah, udah sombong. Gue gencet ancur lo”..

Sayangnya Jupiter belum berselera menggencet orang-orang yang sombong, mungkin bisa jadi karena Jupiter ngelihat banyak orang-orang yang  mempunyai kesederhanaan, nggak sombong dan selalu bertakwa kepada Tuhannya. Karena takut melukai orang baik ini jadi Jupiter nggak jadi gencet kita. Bisa jadi dia udah gedek ngelihat orang yang menyombongkan diri.

Jupiter ini emang anaknya baik banget. 

Sedikit tambahan Jupiter juga pengen ngomong “Aku lebih besar dari bumi. Tapi ketika melihat aku melihat ke luar sana, Tuhan maha besar. Menciptakan planet yang lebih besar lagi. Aku yang sebesar ini pun tidak patut sombong. Apalagi manusia”

Gilak Jupiter ini wise banget anaknya.. *tepuk pramuka

Komentar

  1. Artikel yang bagus. Mengingatkan kita agar enggak sombong.. Sombong tuh hanya milik Allah. Manusia apa yang mau disombongkan

    BalasHapus
  2. siip nice artikel. mengingatkan agar kita gak sombong.
    kalo bahasa jawa "ojo sombong".

    BalasHapus
  3. Mengingatkan kita untuk selalu bersyukur. Betapa besarnya pencipta kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar nh. betapa Allah SWT itu maha besar dan maha dahsyat.

      Hapus
  4. pada akhirnya semua kebesaran hanya milik tuhan semata. ehek-ehek..
    orang yang sombong plus "sok" itu mungkin cuma nggak tau bagaimana cara mengekspresikan pencapaian mereka. btw, bintang yang paling gede itu namanya vy cari majoris kan ya?

    jadi, kalau mau sombong harus selalu ingat: diata langit masih ada langit, jauh diatas langit masih ada matahari yang maha besar, jauh diatas matahari masih ada vy caji majoris. dan diatas itu semua masih ada tuhan. yeah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jef lo kalo sukses jangan sombong yee.. nanti gue sumpain ketek lo kutilan

      Hapus
  5. sombong, tidak ada gunanya. malah buat rabb benci dengan seseorang yang memiliki sifat itu

    BalasHapus
  6. Hmmm kasihan tuh Pluto di-anaktiri-kan. :D Dia jadi rendah diri.

    BalasHapus
  7. nice artikel. Terkadang manusia gitu, ya itu salah satu sifat manusia. Terkadang kita ngerasa kalo kita udah paling. Pokoknya paling. Kita nggak berhak sombong, hanya Tuhan yang berhak sombong.
    Untung yupiter anaknya baik, jadi dia enggak ngegencet kita.

    BalasHapus
  8. Diatas langit masih ada 7 langit...
    ilmu pada lah yang pantas untuk diaplikasikan ada setiap pribadi kita


    Salam pramuka....

    BalasHapus
  9. Jangan sombong, orang sombong nanti kalau mati gak ada yang ngurus. Masa iya orang mati disuruh mandi sendiri, pakai kain kafan sendiri, gali kubur sendiri, terus jalan sendiri ke kuburan -> kata guru agamaku

    Jupiter kayaknya baik banget ya, kalau mau salaman sama Jupiter bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nggak ada yang ngurus, dosa semua orang2nya ki.. -..-

      Hapus
  10. Mungkin sombong itu muncul akibat gagal vakansi mulu. *bosan sama istilah kurang piknik, kali kali pake bahasa keren oldschool*

    BalasHapus
  11. Betul banget bang, sebagai sesama manusia, kita ngga boleh sombong. Diatas langit masih ada langit~

    BalasHapus
  12. setujuuuuh!! pinter itu jupiter. iya, jangan sombong. diatas langit masih ada langit.

    cuma butiran debu doang malah sok sokan nyombong. trimakasih tlah mngingatkn bg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mah cuman butiran upill... nggak bisa sombong

      Hapus
  13. Typo lo gak sembuh2 ya, bg. "Perstasi" bang, bukan "Prestai"

    Yang lo bilang bener, bg. Sebenarnya emang gak ada patut-patutnya kita itu sombong di muka bumi ini, toh yang lebih bisa dan lebih pintar dari kita itu, bejibun orangnya (buwanya).

    Semoga kita gak sombong ya bg?

    BalasHapus
  14. Di Bumi ada Jupiter. Di Jupiter ada Bumi gak? Maksudnya motor merek Jupiter itu. Hahaha.

    Semoga kita dihindarkan dari sifat sombong. Sebab orang gak bakal bisa masuk surga kalau sombong.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.